ابِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيمَ
Langsung aja ya ….. !!!
Pertama-tama buka aplikasi blender 3D 2.69, tampilannya seperti di bawah ini
Kemudian hapus objek kubus ( Caranya Klik Kanan Objek tekan X pada keyboard kemudian ENTER), ikuti gambar di bawah
Tambahkan mesh, ikuti gambar
Ubah mode kursor kebentuk Manipulator Scale, setelah itu lebarkan sisi plan tersebut. Hasilnya seperti di bawah ini.
Kembalikan bentuk kursor ke bentuk semula, kemudian Klik Objek Mode, Pilih Edit Mesh
Selanjutnya Tekan W pada keyboard, pilih subdivide (Lakukan sebanyak 5/6x) Ubah mode tampilan objek kebentuk tampilan face (caranya: Ctrl+Tab pilih Face) Kemudian tekan B pada keyboard dan seleksi setengah dari Objek Plan. Selanjutnya kita akan memberi warna pada sisi atas, gunakan warna merah, ikuti langkah di bawah ini Pilih menu Material, Klik (+) pilih New, lakukan sekali lagi kemudian beri warna merah pada material yang ke dua Setelah itu pilih Assign Kemudian ubah mode menjadi Object Mode (Caranya tekan TAB pada Keyboard). Kemudian haluskan plan tersebut dengan mengklik Smooth Klik View pilih Front Selanjutnya kita akan memutar objek bendera ini sehingga bisa terlihat di tampilan depan (Front View) Caranya : Tekan R kemudian X selanjutnya ketik angka 90, lalu di ENTER Masuk ke edit mode lagi ! Sekarang kita Pin pada bagian pinggir objek bendera. Tekan B pada keyboard, seleksi pinggir bendera Pilih Tool Objek data kemudian Klik (+) Rename Group menjadi Pin kemudian klik Assign. Lihat gambar ! Pilih tool Physics, Clooth, Centang Pinning kemudian cari Pin yg sudah kita buat tadi. Ikuti gambar dibawah ini !!!! Jalan kan animasi nya tekan (Alt+A) Hasilnya seperti di bawah ini Simulator cloth sudah jadi, sekarang kita akan menambahkan Force Field. Klik Add -> Force Field -> kemudian pilih Vortex Atur posis nya sambil jalankan animasi nya (Alt+A) dan strength = 100, Seed=100 Tambahkan Tiang nya dan hasil akhirnya seperti ini Selamat Mencoba
Kemudian hapus objek kubus ( Caranya Klik Kanan Objek tekan X pada keyboard kemudian ENTER), ikuti gambar di bawah
Tambahkan mesh, ikuti gambar
Ubah mode kursor kebentuk Manipulator Scale, setelah itu lebarkan sisi plan tersebut. Hasilnya seperti di bawah ini.
Kembalikan bentuk kursor ke bentuk semula, kemudian Klik Objek Mode, Pilih Edit Mesh
Selanjutnya Tekan W pada keyboard, pilih subdivide (Lakukan sebanyak 5/6x) Ubah mode tampilan objek kebentuk tampilan face (caranya: Ctrl+Tab pilih Face) Kemudian tekan B pada keyboard dan seleksi setengah dari Objek Plan. Selanjutnya kita akan memberi warna pada sisi atas, gunakan warna merah, ikuti langkah di bawah ini Pilih menu Material, Klik (+) pilih New, lakukan sekali lagi kemudian beri warna merah pada material yang ke dua Setelah itu pilih Assign Kemudian ubah mode menjadi Object Mode (Caranya tekan TAB pada Keyboard). Kemudian haluskan plan tersebut dengan mengklik Smooth Klik View pilih Front Selanjutnya kita akan memutar objek bendera ini sehingga bisa terlihat di tampilan depan (Front View) Caranya : Tekan R kemudian X selanjutnya ketik angka 90, lalu di ENTER Masuk ke edit mode lagi ! Sekarang kita Pin pada bagian pinggir objek bendera. Tekan B pada keyboard, seleksi pinggir bendera Pilih Tool Objek data kemudian Klik (+) Rename Group menjadi Pin kemudian klik Assign. Lihat gambar ! Pilih tool Physics, Clooth, Centang Pinning kemudian cari Pin yg sudah kita buat tadi. Ikuti gambar dibawah ini !!!! Jalan kan animasi nya tekan (Alt+A) Hasilnya seperti di bawah ini Simulator cloth sudah jadi, sekarang kita akan menambahkan Force Field. Klik Add -> Force Field -> kemudian pilih Vortex Atur posis nya sambil jalankan animasi nya (Alt+A) dan strength = 100, Seed=100 Tambahkan Tiang nya dan hasil akhirnya seperti ini Selamat Mencoba
Buat sobat bloger yang sudah berkenan membaca blog ini saya ucapkan terima kasih banyak. Dan mohon beri komentar Heeeeeeheeeeee...